Sabtu, 07 Juni 2008

BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER

BAB III
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
"Pengantar Teknologi Informasi" 2
Secara fungsional Perangkat keras computer dibedakan menjadi empat macam perangkat (devices), yaitu :
– Perangkat masukan (input devices),
– Perangkat proses (process devices),
– Perangkat keluaran (output devices), dan
– Perangkat penyimpan (memory/storage devices).













Perangkat Keras Penyusun Komputer Personal
"Pengantar Teknologi Informasi" 3

Perangkat input
Perangkat input (masukan)merupakan peralatan yang dapat digunakan untuk menerima data yang akan diolah kedalam komputer. Perangkat ini yang digunakan oleh pengguna untuk melakukan interaksi dengan komputer agar komputer melaksanakan perintah yang
diberikan oleh penggunanya. Prinsip kerja yang dilakukan perangkat input adalah merubah perintah yang dapat difahami oleh manusia kepada bentuk yang difahami oleh komputer (machine readable form), ini berarti mengubahkan perintah dalam bentuk yang difahami olehmanusia kepada data yang dimengerti oleh komputer yaitu dengan kode - kode biner (binary encoded information). Perangkat input dapat digolongkan menjadi dua golongan, yaitu perangkat input langsung dan perangkat input tidak langsung.
•Perangkat input langsung yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh CPU, tanpa melalui media lain.
•Sedangkan perangkat input tidak langsung yaitu input yang dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU, tetapi direkam terlebih dahulu ke suatu media yang berbentuk sim panan luar (external memory), contohnya pita magnetic (magenetik tape), disk magnetic (magnetic disk), atau kartu plong (punch card).
• Contoh perangkat input langsung adalah keyboard, mouse, joystic, scanner, cardreader, MICR (magnetic ink character recognition), touch screen, light pen, system system (microfon), UPC(universal product code), financial transaction terminal, mouse, digitizer graphics tablet, teleprinter terminal, point of sale terminal, visual display terminal, pointing device, optical data reader, sensor, digitizing camera, key to card, key to tape, key to disk.

• Papan Ketik (KeyBoard)
Merupakan sekumpulan tombol yang tersusun pada satu tempat seperti mesin ketik yang umumnya mempunyai antara 85 hingga 120 tombol terdiri atas huruf-huruf (A, a, B, b C, c, … Z,z), angka-angka (0,1, 2, …,9) simbul-simbul atau biasa dinamakan karakter khusus (@, %, $, …,dan sebagainya) serta tombol-tombol fungsi (F1, F2, F3, …, F12). Namun untuk keperluan khusus keyboard hanya memiliki beberapa tombol saja. Jumlah tombol yang ada pada PC berbeda-beda bergantung pada PC yang digunakan. PC desktop biasanya mempunyai 101,104, 110 atau 118 tombol. Sedangkan notebook atau laptop, jumlah tombolnya bisa semakin sedikit karena mempunyai ruang yang kecil.Penekanan tombol pada keyboard bisa dilakukan dengan sendiri-sendiri atau per tombol atau beberapa sekaligus untuk menunjukkan maksud tertentu, sebagai misal CTRL+ALT+DEL, ALT+ 1 huruf tertentu, CTRL+Break, dan sebagainya.













• Mouse
Merupakan perangkat yang digunakan untuk meng-input-kan data dengan cara menekan tombol klik. Biasanya mouse mempunyai 1 hingga 3 tombol klik dan setiap tombol klik
mempunyai peranan yang tersendiri. Terdapat 4 aktivitas utama yang bisa dilakukan oleh mouse yaitu ; Click atau single click, untuk membuat pilihan tertentu pada layar; Double click untuk membuka dokumen atau membuka folder; Right click, untuk menunjuk arah pada layar komputer; Drag and Drop, untuk proses pemindahan icon atau item padalayar.
Ada 3 tipe dasar mouse :
– Mekanis : memiliki bola karet di dalam sisi bawah mouse dan
berotasi dalam segala arah. Sensor mekanisnya mendeteksi
gerakan bola lalu sensornya mengirimkan signal untuk
menggerakkan kursor pada layar.
– Optomekanis : sama seperti mouse mekanis yang baru, dan
ada yang menggunakan sensor optik untuk mendeteksi gerakan bola.
– Optik : mouse ini menggunakan laser untuk mendeteksi gerakan
mouse dan memiliki LED. Tidak ada bola mouse dan gerakan
mekanis. Mouse optik harus digerakkan di atas permukaan atau
alas tertentu dengan jaringan yang dapat dibaca mouse.
• Joystick.
Merupakan tongkat yang penggunaaanya untuk menggerakkan cursor (kursor). Ini dilakukan dengan memegang tongkat yang dapat diputar sampai dengan 360 derajat. Biasanya digunakan untuk permainan Video Games.

• Touchscreen.
Difungsikan dengan cara menyentuh layar monitor atau pad untuk merespon obyek program.

• Microfon.
Merupakan alat input dengan cara mengeluarkan suara, ini biasanya untuk aplikasi multimedia atau lebih popular untuk keperluan audio. Juga mampu berperanan sebagai hasil output. Output audio bisa dalam bentuk musik, suara, dan juga kesan khas audio.

• Scanner.
Merupakan suatu alat yang berfungsi seperti mesin photocopy, yaitu dengan cara memasukkan data melalui pencahayaan dan selanjutnya diterjemahkan dalam bentuk digital. Sensitif kepada cahaya dan dapat menterjemah teks, barcode, gambar, dan sebagainya. Perangkat input scanner dapat berupa pembaca pengenal karakter tinta magnetic atau Magnetic Ink Character Recognation (MICR) dan optical data reader. MICR reader biasanya digunakan untuk transaksi cek pada suatu bank, yang ditulis dengan tinta magnetik yang hanya bisa dibaca dengan perangkat MICR dan tidak bisa dibaca dengan mata manusia. Optical Data Reader hampir seperti MICR, namun lebih
fleksibel, yang dapat berupa Optical Character Recognition (OCR) reader, OCR text reader, bar code wand, dan Optical Mark Recognition (OMR) reader.
















• Trackball.
Merupakan perangkat penunjuk seperti mouse, namun terdapat bola yang digunakan untukmeggerakkan kursor diatasnya.

• Camera.
Saat ini perangkat input yang lagi banyak digunakan adalah menggunakan camera baik video camera yang datanya berjenis analog yang nantinya bisa dikonversi menjadi data digital, maupun digital camera yang datanya bisa langsung berjenis digital.








Perangkat Keluaran
Perangkat keluaran merupakan perangkat yang dipakai untuk menampilkan hasil proses. Contohnya seperti layar monitor, printer, plotter, display card dan speaker. Perangkat Output atau perangkat keluaran merupakan perangkat yang terdiri daripada alat-alat yang menterjemahkan perintah yang telah diproses oleh komputer ke dalam bentuk yang telah dimengerti oleh manusia. Terdapat 2 jenis perangkat output yang utama yaitu bersifat Softcopy misalnya monitor dan audio, dan Hardcopy misalnya printer, plotter.

• Layar Tampilan ( Monitor ).
Terdapat 2 jenis unit layar tampilan yang biasa digunakan untuk computer yaitu:
-. Layar monitor berbentuk Pipih atau sering disebut LCD (Liquid Crystal Display
atau monitor kristal cair, yang kebanyakan digunakan pada komputer
Notebook, namun sat ini juga sudah mulai dipakai untuk PC. Jenis LCD
biasa, berteknologi model penyinaran belakang (backlit) dan penyinaran
samping (sidelit). Sedang LCD TFT (thin-film transistor) atau matriks
aktif, setiap pixeldikendalikan oleh satu transistor.

– Layar monitor tabung atau disebut CRT (Cathode Ray Tube) bentuknya
seperti layar televisi yang digunakan untuk komputer jenis Desktop atau PC.
Terdapat berbagai standard dalam kualitas gambar yang didasarkan pada resolusi
seperti :
– CGA (Colour Graphics Adapter) – 640 x 200 pixel
– EGA (Enhanced Graphics Adapter) – 640 x 480 pixel
– VGA (Video Graphics Array) 640 x 480 pixel
– SVGA (Super Video Graphics Array) – 800 x 600 dan
1024 x 768 pixel
– XGA (Extended Graphics Array) – 2048 x 2048 pixel. Jadi semakin besar
resolusi sebuah monitor maka semakin halus dan bagus kualitas gambar atau
tampilan yang dihasilkan.




• Printer dan plotter.
Printer dan plotter merupakan perangkat pencetak merupakan perangkat
hardcopy yang dihasilkan dari hasil pemprosesan computer dan input
dari penggunanya. Terdapat tiga macam jenis hasil cetakan dari printer :
– Printer Dot-matrik, Pencetak ini mempunyai pengetukpengetuk
kecil berbentuk titik yang dinamai pin.
– Printer Tinta, bekerja dengan cara menyemprotkan ataau menyem
burkan tinta yang ada di dalam cardridge ke kertas.
– Printer Laser, bekerja seperti mesin photocopy yang menyem
protkan serbuk tinta dengan model pencahayaan, kualitas
hasil printer laser paling bagus namun harga printer dan serbuk
tintanya juga paling mahal.
Plotter sebenarnya hampir sama dengan printer, namun biasanya
digunakan untuk mencetak gambar, grafik, desain teknik yang
ukuruannya besar. Dari perangkat Input dan Output diatas yang
bisa berfungsi sebagai perangkat masukan sekaligus keluaran
seperti layar monitor, magnetic tape, magnetic disk, paper tape,
console, card read punch.

Perangkat Pemroses (CPU)

Perangkat pengolah atau pemroses data dalam computer adalah prosesor (processor) atau lengkapnya adalah mikroprosesor (microprocessor), namun umumnya pengguna komputer menyebutnya sebagai CPU (Central Processor Unit).
Tugas CPU adalah melaksanakan dan mengawal keseluruhan operasi komputer sehingga bisa dikatakan hampir keseluruhan pemikiran dilaksanakan di sini CPU merupakan “otak” bagi sebuah sistem komputer. CPU memiliki 3 komponen utama yang merupakan bagian tugas utamanya yaitu :
– unit kendali (Control Unit /CU),
– Unit Aritmatika dan,
– Logika (Aritmatic and Logic Unit /ALU).
Serta kemponen register yang berfungsi membantu melakukan hubungan (interface) dari dan ke memori.

Prosesor memiliki desain koneksi pada motherboard berbeda-beda, koneksi tersebut antara lain berupa soket atau slot Merek-merek mikroprosesor yang dikenal, seperti Intel
(tipe Pentium, Celeron, Xeon, dan sebagainya), AMD (Athlon, Duron, dan sebagainya), atau Motorolla (biasanya dipergunakan untuk Macintosh). Prosesor jenis Soket Prosesor jenis Slot







Motherboard
Motherboard atau papan induk merupakan perangkat yang paling utama terdapat pada susunan komputer, ini dikarenakan sebagai tempat bergantungnya semua komponen dalam komputer. Komponen-komponen yang ada didalamnya seperti microprocessor, Coprocessor (optional), cipset , memori, Basic Input-Output System (BIOS), Expansion Slots (untuk hard disk, cd-rom, video card, dan lainnya), serta sirkuit-sirkuit yang
terkoneksi didalamnya.

Perangkat Penyimpan
Perangkat penyimpan (memory device) atau sering disebut memori (memory) saja merupakan perangkat yang digunakan untuk melakukan penyimpanan data dalam komputer. Berdasarkan letakknya memori komputer dibedakan menjadi dua yaitu memori yang letaknya didalam (Internal memory) dan memori yang letaknya diluar (external memory). Sedangkan berdasarkan kekekalannya penyimpanan dibedaka menjadi penyimpanan sementara (temporary memory) dan penyimpanan tetap (permanent memory). Hirarki memori

• Internal memori
adalah memori yang letaknya ada pada perangkat motherboard. Data yang akan diproses ataupun hasil pemrosesan komputer, disimpan didalam internal memori. Selain itu, internal memori juga digunakan untuk menyimpan program yang digunakan untuk memproses data. Internal memori terdiri atas ROM (Read Only Memory) dan RAM (Random Access Memory).

• Eksternal memori
adalah memori yangtidak berhubungan langsung dengan motherboard, disebut eksternal karena biasanya letaknya tidak terhubung langsung dengan motherboard bahkan ada yang
diluar casing (box) CPU. Eksternal memori selain memiliki sifat penyimpanan yang permanen (non-vilatile) biasanya juga memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat besar. Yang termasuk dalam kategori eksternal momori adalah floppy disk, harddisk, optical disk, CD-ROM, flash memory, tape drive, zip disk, dan lain-lain.
ROM
RAM

Harddisk (HD)
adalah sebuah media penyimpanan permanen yang memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat besar bahkan paling besar dibanding dengan perangkat penyimpanan yang lainnya. Letak harddisk bisa didalam (internal) casing (box CPU) atau diluar (external) casing (box CPU) agar mudah dibawa kemana-mana (portable). Kapasitas penyimpanan datanya yang berkembang saat ini dalam jumlah gigabyte (GB), seperti Harddisk saat ini yang berkembang kapasitasnya sudah berupa GegaByte, misalnya 10 GB, 20 GB, 30 GB,
40 GB, 80 GB, 100 GB, dan seterusnya. Ia dapat menyimpan dan memproses data dengan cepat, dengan kecepatan akses sebuah harddisk bervariasi mulai dari 4500 rpm (rotate per minute), 7200 rpm sampai dengan 15000 rpm. Saat ini terdapat dua sistem interface harddisk yaitu IDE dan SCSI. HD yang dibuka Sistem Baca HD

• DISKET.
Disebut juga floppy disk karena bentuknya yang lentur dengan kapasitas ukuran penyimpanan 1.2 MB dan 1.44 MB. Ukuran fisik disket yang biasa digunakan adalh 3.5 inchi dan 5.25 inchi.

• CD Drive.
Dalam hal ini CD yang digunakan adalah CD-R (CD-ROM), CD-R/W (CDReWriteable),
dan yang saat ini berkembang adalah DVD-R dan DVD-R/W. CD drive merupakan tempat untuk meletakkan CD judul CD-R maupun CD-R/W. Secara fisik kedua bentuk CD tersebut sama, begitu juga kapasitas penyimpannya antara 500 MB sampai dengan 800 MB. Namun secara fungsi kedua CD tersebut berbeda. CD-R begitu dilakukan Burning (pembakaran) maka CD tersebut tidak bisa dihapus lagi, ini artinya proses pengisian atau penyimpanan data hanya bisa dilakukan sekali. Lain halnya dengan CD-R/W, setelah kita melakukan penyimpanan data pada CD tersebut, data kemudian bisa dihapus dan selanjutnya dilakukan pengisian lagi. Kecepatan pembacaan data ditunjukkan dengan kecepatan yang tertera pada perangkat CD/DVD tersebut, misalnya CD-RW 52X-24X-52X.

• Flash Memory.
Flash memory atau dinamakan stick memory adalah teknologi penyimpan sekunder yang relatif baru. Flash memori merupakan media penyimpan yang sangat praktis, karena selain bentuknya yang kecil dan ramping juga memiliki kapasitas penyimpan yang lumayan besar, selain itu juga pemasangannya sangat mudah yaitu menggunakan port USB(universal serial bus). Kapasitas yang umum antara 32 MB – 1 GB).

• Tape Drive.
Tape drive atau sering disebut pita magnetic berfungsi untuk melakukan penyimpanan data yang bisa disimpan dan dihapus kembali (read and writeable), teknik penyimpanan menyerupai kaset rekaman lagu, bentuknya juga hampir sama namun agak sedikit tebal.

• Perangkat Penyimpanan Masa Depan. Dr. Torok
peneliti dari Imperial Collage, London Inggris bersama peneliti lain dari Universitas Neuchatel Swiss dan Universitas Aristotle Yunani telah mengumumkan penelitian media cakran digital dengan potensi kapasitas hingga 1 Terabyte (1024 GegaByte). Diberi nama MODS (Multiple Optical Data Storage) atau disingkat MODS Disc yangmenggunakan teknologi optik yang berbeda dengan CD atau DVD.

Multimedia
Merupakan perangkat yang biasanya digunakan untuk akses data gambar, suara (audio) danvideo, games, pengolah foto digital, dan lainnya.Contoh Software ini misalnya MP3, MIDI, WAV teleconference, chatting, video-drive, radio internet, berbagai macam games, dan lain sebagainya. syarat komputer multimedia, biasanya memiliki tambahan perangkat seperti : sound card, graphic card, speaker, microphone dan software (Program Aplikasi) yang mendukung untuk melakukan akses multimedia tersebut.
---===ooo000ooo===---


BAB IV
PERANGKAT LUNAK
KOMPUTER

Perangkat lunak (software)
komputer adalah suatu perangkat yang berisi serangkaian instruksi, program, prosedur, pengendali, pendukung, dan aktifitas-aktifitas pengolahan perintah pada sistem komputer. Jadi software merupakan komponen abstrak dari susunan system komputer. Tanpa software, komputer adalah rongsokan elektronik, jadi komputer adalah susunan atas hardware dan software yang saling bekerjasama. Hardware komputer akan “hidup” dan memiliki fungsi jika digunakan bersama-sama dengan software-nya. Secara umum fungsi dari software komputer yang utama adalah :
– Melakukan aktifitas bersama-sama dengan hardware
– Menyediakan segala sumber daya yang bisa digunakan pada sebuah komputer
– Bertindak sebagai perantara antara pengguna (user) dengan perangkat keras (hardware)
untuk melakukan aktifitas dengan perintah yang harus dilakukan dalam software
komputer.

• James A. O’Brien
berpendapat bahwa jenis software komputer dapat dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu perangkat lunak sistem (system software) dan perangkat lunak aplikasi (application software). Perangkat lunak sistem terdiri dari Program untuk manajemen sistem (System Management Program) dan Program untuk pengembangan sistem (System Development Program). Sedangakn perangkat lunak Aplikasi terdiri dari program aplikasi untuk tujuan umum (general purpose application program) dan program untuk aplikasi khusus (Application Special Program).



























































Sistem Operasi
Sistem Operasi merupakan perangkat lunak yang berfungsi melakukan operasi yang mengurusi tentang segala aktifitas komputer seperti mendukung operasi system aplikasi dan mengendalikan semua perangkat komputer agar dapat berjalan selaras dengan fungsinya. Operating system mengontrol semua sumber daya komputer dan menyediakan landasan sehingga sebuah program aplikasi dapat ditulis atau dijalankan. Menurut Silberschatz/Galvin/Gagne (2003), Sistem Operasi adalah Suatu program yang bertindak sebagai perantara antara user dan hardware komputer. Dia juga menyatakan bahwa tujuan dari sistem operasi adalah Melaksanakan program user memudahkan dalam menyelesaikan masalah user.Membuat menjadi mudah system komputer untuk digunakanMenjadikan penggunaan hardware komputer menjadi lebih efisien.











Tugas dari sistem operasi :
• Menyediakan Antaramuka pengguna (User interface), berupa :
– Melakukan perintah (command-based user interface) dalam bentuk teks
– Mengarahkan menu (Menu driven)

• Antaramuka unit grafik (graphical user interface - GUI)
– Kombinasi ikon dan menu untuk menerima dan melaksanakan perintah
– Menyediakan informasi yang berkaitan dengan hardware, yaitu berupa perangkat yang
aktif atau pasif, dan mengendalikan perangkat I/O (Input/Output device).

• Melakukan tugas pengolahan dan pengendalian sumber daya dalam sebuah proses
sebagai berikut :
– multitasking, yaitu bisa melakukan tugas secara serentak atau sekaligus pada aplikasi
yang sama maupun berbeda.
– Multiprocessing, Penggunaan atau pemprosesan sebuah program secara serentak oleh
beberapa unit CPU
– Timesharing, menggunakan sistem komputer yang sama pada banyak pengguna
– Multithreading, memproses aktivitas pada bentuk yang sama dengan multitasking tetapi
pada aplikasi tunggal
– Scalability dan network, upaya komputer dalam mengendalikan dan meningkatkan
kewaspadaan dan keamanan jumlah pengguna dan memperluas pelayanan.
• Pengelolaan File dan direktori data, yaitu Memastikan file-file dalam penyimpan
Sekunder tersedia bila diperlukan, dan mengamankan dari pengguna yang tidak dibenarkan mengaksesnya.

Tugas Sistem Operasi

Layanan Sistem Operasi
Sebuah sistem operasi yang baik harus memiliki layanan berupa; eksekusi program, operasi I/O, manipulasi filesystem, komunikasi, dan deteksi kesalahan. Dalam pemakaian secara multi-user sistem operasi dapat lebih menguntungkan yaitu lebih efisien karena pemakaian sumber daya bersama antara user. Sebagai fungsi layanan bersama tersebut maka system operasi akan memberikan efisiensi penggunaan system berupa :
– Resource allocator, adalah mengalokasikan sumber-daya ke beberapa pengguna atau
job yang jalan pada saat yang bersamaan.
– Proteksi, menjamin akses ke sistem sumber daya dikendalikan (pengguna dikontrol
aksesnya ke sistem).
– Accounting, adalah merekam kegiatan pengguna, jatah pemakaian sumber daya
(keadilan atau kebijaksanaan).

Silberschatz/Galvin/Gagne (2003),
Berpendapat bahwa umumnya sebuah sistem operasi modern mempunyai komponen sebagai berikut:
• Management Proses
• Management Memori Utama.
• Management Secondary-Storage.
• Management Sistem I/O (Input/Output).
• Management Berkas.
• Sistem Proteksi.
• Jaringan.
• Command-Interpreter system.

Struktur Komponen Sistem Operasi

Konsep Instruksi Sistem Operasi
Antarmuka (interface) antara sistem operasi dengan program aplikasi (user programs) dikenal sebagai extended instruciton (perluasan instruksi). Extended instruction dapat juga disebut sebagai panggilan sistem (system call).
• System Call.
Layanan langsung sisem operasi ke pemogram adalah system call atau API (Application Programming Interface). System call adalah tata cara pemanggilan di program aplikasi untuk memperoleh layanan sistem operasi. System call berupa rutin sistem operasi untuk
keperluan tertentu yang spesifik.

• Proses Pengendali.
Merupakan konsep utama dalam semua sistemoperasi. Pada dasarnya adalah sebuah program yang dieksekusi Berisi executable program, program's data dan stack, program counter,stack pointer dan register lainnya.
• Files.
Sistem operasi mendukung konsep sebuah direktori. Hirarki proses dan file diorganisasi sebagai trees. Setiap proses memiliki direktori kerja.

• Shell.
Sistem operasi adalah kode yang dilaksanakan system calls. Dalam UNIX command interpreter disebut shell. Dalam prompt UNIX, sebuah karakter tanda dollar ($),memberitahu pemakai bahwa shell menunggu permintaan perintah.

Klasifikasi Sistem Operasi
Sistem Operasi dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
• Berdasarkan Skala Arsitekuturnya (Bit). Dibedakan menjadi Sistem Operasi berskala 8 bit, 16-bit, dan 32-bit, dan 64-bit. Sistem operasi dengan skala 8-bit dan 16-bit saat ini sudah mulai ditinggalkan, sedangkan saat ini kebanyakan yang digunakan adalah skala 32-bit, seperti sistem operasi Microsoft Windows NT, Windows 2000, windows- XP,LINUX, IBM OS/400, Sun Solaris . Sedangkan yang baru adalah dengan skala 64-bit, seperti windows-XP for 64-bit, DIGITAL UNIX, Open VMS, IBM AIX for RS/6000, SGI IRIX, dan HP-UX
Klasifikasi sistem operasi berdasarkan End-User Interface:
– Command Driven: seluruh perintah pada sistem operasi diketikkan pada prompt
perintah atau dieksekusi melalui script file (misal: DOS, UNIX atau XENIX)
– Graphical User Interface (GUI): pengguna akhir menggunakan mouse atau alat
penunjuk yang lain untuk memilih obyek yang mewakili suatu instruksi spesifik (misal:
Semua Sistem Operasi Windows , IBM –OS/2, MAC-OS, LINUX)
Klasifikasi sistem operasi berdasarkan Pengguna:
– Single-User Single-Tasking: Sistem operasi yang hanya mampu untuk melayani satu
pengguna sekali waktu untuk satu instruksi dalam suatu siklus proses (misal MS-DOS)
– Single-User Multi-Tasking: Sistem operasi yang hanya mampu untuk melayani satu
pengguna sekali waktu dan mampu untuk mengeksekusi beberapa instruksi dalam satu
waktu siklus proses (misal Windows 95, IBM–OS/2, MAC-OS).
– Multi-User Multi-Tasking: Sistem operasi yang mampu untuk melayani beberapa
pengguna sekaligus dalam satu waktu dan juga mampu untuk menjalankan beberapa
instruksi sekaligus dalam suatu siklus proses.
Klasifikasi sistem operasi berdasarkan pangsa pasar:
– Sistem operasi server/network, seperti Windows NT Server, Windows-XP, IBM AIX
for RS/6000, DIGITAL UNIX, Open VMS, HP-UX, Sun Solaris, dan IBM OS/400,
LINUX.
– Sistem operasi desktop, seperti Windows 95/ Windows NT Workstation, Windows-XP,
LINUX, OS/2 Wrap, MacOS, Java.
– Sistem operasi Handheld, seperti Windows CE, GEOS, Magic Cap.






Sistem Operasi UNIX
UNIX sendiri merupakan nama sebuah system operasi yang asal mulanya di kembangkan pada laboratorium Bell, AT&T. UNIX merupakan suatu system operasi yang dikembangkan dengan bahasa C, dan server pada umumnya menggunakan sistem operasi UNIX. Pada awalnya para penggemar UNIX telah membuat aplikasi-aplikasi yang berjalan di atas sistem operasi DOS semisal Unixtool, MINIX, dan sebagainya. Untuk lebih memasyarakatkan sistem operasi berbasis UNIX pada basis komputer mikro (PC) maka dikembangkanlah Linux.
Struktur sistem UNIX terdiri dari beberapa bagian, yaitu :
– Lapisan yang paling dalam adalah perangkat keras (hardware) komputer dan piranti
pendukungnya, seperti disk, tape, printer dan lain sebagainya.b.
– Di seputar perangkat keras tersebut terdapat sejumlah program yang menangani secara
detail seperti sumber daya komputer, mengorganisir system file, mengurus disk dan
tape. Pengoperasian yang dilakukannya sangat detil sehingga tidak perlu diketahui oleh
pemakai. Lapisan ini yang sebut sebagai kernel, yang berfungsi menjembatani
(interface) komunikasi antara hardware dan sistem operasi.Kernel menyediakan lapis dukungan, yaitu berupa program utilitas. Utilitas berfungsi untuk melakukan akses sistem bagi pemakai.
– Lapis terluar dari sistem UNIX adalah shell. Shell merupakan penghubung antara pemakai dan sistem. Bila pemakai mengetikkan sebuah perintah, shell menerjemahkan perintah tersebut dan mengatakan kepada kernel apa yang harus dilakukan. Sesungguhnya shell merupakan bagian dari utilitas. Namun karena kerumitannya dan fungsinya yang sedikit unik, maka shell cenderung dianggap sebagai lapis terpisah.

Kemampuan UNIX
• Multiuser. Sistem dapat digunakan oleh lebih dari satu orang ada satu saat.
• Multitasking. Sistem dapat melakukan beberapa tugas atau proses pada waktu yang bersamaan.
• Sistem File. Organisasi file di UNIX memiliki struktur pohon (tree) yang terdiri dari file dan direktori. Karakteristik dari sistem file UNIX antara lain:
– Konsisten dalam memproses data dan peralatan
– Pertumbuhan file dan direktori secara dinamis
– Dilengkapi dengan proteksi
• Shell. Shell merupakan antar muka pemakai dengan sistem UNIX.
• Utilitas-utilitas. UNIX memiliki lebih dari 200 utilitas yang dapat digunakan untuk mengelola sistem.
• Surat Elektronik. UNIX dilengkapi dengan fasilitas untuk pengiriman surat antar pemakai di lingkungan sistem UNIX
• Konsep Perangkat Keras. Perangkat keras yang terhubung pada system UNIX akan dianggap sebagai file biasa.
• Komunikasi antar Proses keluaran dari suatu proses dapat diproses langsung oleh proses lainnya.
• Jaringan. Pemakai UNIX dapat berhubungan dengan pemakai lain dalam satu komputer (hubungan antar terminal).
• Keamanan. UNIX menyediakan fasilitas keamanan untuk pemakai biasa, pengembang sistem, dan administrator sistem serta jaringan sistem
Sistem Operasi LINUX
LINUX, merupakan sistem operasi bebas dan terbuka (open source) berlesensi GPL (GNU-General Public Lisence) yang mana pendistribusian dan pengembangannya bisa dilakukan secara bebas dengan mengikutkan kode program asal sebagai turunannya. Selain sebagai software open source, Linux jua meupakan software public domain yaitu perangkat lunak yang tanpa hak cipta.
Terdapat banyak sekali distro Linux, yang ditawarkan, namun yang biasa digunakan yaitu:
• RedHat, distribusi yang paling populer, terutama di Indonesia. RedHat merupakan distribusi pertama yang instalasi dan pengoperasiannya mudah.
• Debian, distribusi yang mengutamakan kestabilan dan kehandalan, meskipun mengorbankan aspek kemudahan dan kemutakhiran program. Debian menggunakan .deb dalam paket instalasi programnya.
• Slackware, merupakan distribusi yang pernah paling unggul di dunia Linux. Hampir semua dokumentasi Linux disusun berdasarkan Slackware. Dua hal penting dari Slackware adalah bahwa semua isinya (kernel, library ataupun aplikasinya) adalah yang sudah teruji. Sehingga mungkin agak tua tapi yang pasti stabil. Yang kedua karena dia menganjurkan untuk menginstall dari source sehingga setiap program yang kita install teroptimasi dengan system kita.
• SuSE, distribusi yang sangat terkenal dengan YaST (Yet another Setup Tools) untuk mengkonfigurasi sistem. SuSE merupakan distribusi pertama dimana instalasinya dapat menggunakan bahasa Indonesia.
• Mandrake, merupakan varian distro RedHat yang dioptimasi untuk pentium. Kalau komputer kita menggunakan pentium ke atas, umumnya Linux bisa jalan lebih cepat dengan Mandrake.
• WinLinux, distro yang dirancang untuk diinstall di atas partisi DOS (WIndows). Jadi untuk menjalankannya bisa di-klik dari Windows. WinLinux dibuat seakanakan merupakan suatu program aplikasi under Windows.

Distro LINUX
Struktur Sistem Linux
Sistem Linux tersusun atas tiga kompnen penting yaitu :
• Kernel, yaitu menyediakan semua fungsi yang diperlukan untuk menjalankan proses, dan menyediakan layanan sistem untuk memberikan pengaturan dan proteksi akses ke sumber daya perangkat keras termasuk pada virtual memori. Kernel mengimplementasi semua fitur yang diperlukan supaya dapat bekerja sebagai sistem operasi.

• Perpustakaan sistem, yaitu menentukan kumpulan fungsi standar dimana aplikasi dapat berinteraksi dengan kernel, dan mengimplementasi hampir semua fungsi system operasi yang tidak memerlukan hak penuh atas kernel. Perpustakaan juga dapat menyediakan versi lebih kompleks dari system call dasar.

• Utilitas sistem, yaitu program yang melakukan pekerjaan manajemen secara individual.





Kelebihan Linux/UNIX
Software pada Linux/UNIX memiliki beberapa kelebihan disbanding dengan software lainnya,yaitu :
– Pada dasarnya semua data tersimpan di dalam harddisk walau ada beberapa kondisi dimana data tersimpan di disket. Linux/UNIX memberikan beberapa proses spesial dimana terminal, printer dan device hardware lainnya dapat diakses seperti kita mengakses file yang tersimpan dalam harddisk atau disket.
– Linux adalah sebuah program open source yang gratis.
– Linux sudah berbasis 32-64 bit, sehingga kecepatnnya dapat diandalkan.
– Keamanan data yang lebih baik
– Linux dapat dijalankan pada berbagai macam platform perangkat keras mulai dari Intel (x86), hingga prosesor RISC
– Linux/UNIX menyediakan servis untuk membuat, memodifikasi program, proses dan file.
– Linux/UNIX mendukung struktur file yang bersifat hirarki.
– Linux/UNIX adalah salah satu sistem operasi yang termasuk ke dalam kelas system operasi yang dapat melakukan multitasking.
– Selain multitasking, Linux/UNIX juga dapat mendukung multiuser.
– Linux juga mendukung untuk multiconsole dimana pada saat bersamaan di depan komputer langsung tanpa harus melalui jaringan dan memungkinkan lebih dari satu user masuk ke dakam sistem.

Sistem Operasi Windows
Windows adalah jenis sistem operasi dengan modus tampilan grafik atau Graphical User Interface (GUI) yang dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft, sehingga visualisasinya akan lebih menarik penggunanya dan lebih mudah menggunakannya. Tidak seperti Linux yang merupakan sistem operasi open-source, untuk mendapatkan sistem operasi Windows harus bayar pada vendornya yaitu Microsoft. Contohnya Windows 3.10, Windows 3.11 (workgroup), Windows 95, Windows 98 yang merupakan sistem operasi untuk pengguna tunggal(single-user). Sedangkan untuk single maupun multi-user telah dikembangkan Windows NT, Windows 2000, Windows XP atau disebut windows 2002, dan Windows 2003. Hingga saat ini banyak pengguna komputer yang mengunggullkan Windows XP karena fitur-fitur yang dimilikinya.Produk terbaru SO Windows adalah Longhorm

Fitur-fitur Windows XP
• Protected Kernel Mode Architecture. Merupakan Fasilitas yang memungkinkan aplikasi tidak akan mengakses kode kernel system operasi secara langsung sehingga dapat meningkatkan kehandalan system.
• Side by Side DLL. Fasilitas ini dimungkinkan crash atau konflik aplikasi dengan komponen windows dapat dikurangi karena dimungkinkannya setiap aplikasi untik mengeksekusi versi DLLnya sendiri.


• Internet Connection Firewall. Tambahan fasilitas yang berguna sekali untuk melindungi computer kita dari gangguan penyusupan ketika kita terkoneksi ke Internet.
• Dynamic Update. Sangat membantu untuk kelancaran jalannya sistem operasi karena fasilitas ini dapat secara otomatis melakukan update baik kompatibilitas driver , patch untuk aplikasi dan perbaikan-perbaikan pada masalah keamanan sistem operasi.
• Personalized Welcome Screen. Setiap individu yang mempunyai account dapat memiliki halaman pembukaan yang berbeda-beda satu sama lainnya walaupun komputer yang dipakai sama.
• Fast User Switching. Fasilitas ini memungkinkan kita dan user lainnya yang memakai PC yang sama tidak perlu menutup setiap aplikasi walaupun berpindah user dari satu ke user lainnya., apabila kita ingin kembali akses account kita maka aplikasi yang sebelumnya kita pakai tetap masih ada.
• File and Settings Transfer Wizard. Fasilitas ini memungkinkan kita untuk memindahkan file, document dan setting dari satu komputer ke komputer lainnya. Wizard ini akan memandu kita untuk migrasi file, dokumen dan setting dari komputer yang lama ke komputer yang baru.
• Compatibility Mode. Merupakan mode yang sangat berguna apabila kita ingin menjalankan aplikasi lama yang hanya mampu jalan di versi-versi wimdows sebelumnya.
• Remote Assistance. Fasilitas ini bisa melakukan bantuan sesama rekan pengguna Windows XP untuk membantu melalui koneksi Internet .
• Adanya Internet Explorer ver 6.0 sebagai browser standar . Beberapa fitur lainnya yang cukup menarik diantaranya:
– Windows Media Player for Windows XP, dengan fasilitas Playbcak DVD, CD Burning, serta mampu mengekspor video ke portable device seperti PDA . Fasilitas menu video yang lebih ditingkatkan dan user interface yang lebih fleksibel
– Auto Recognition, fasilitas yang memungkinkan setiap kita memasukkan CD, ZIP, Compact Flash Card atau JAZ disk, secara otomatis windows berusaha mengenalinya dan langsung memanggil aplikasi yang sesuai.
– CD Burning, software untuk membuat CD Built in.
– Microsoft juga memperbaiki kemampuan Windows XP untuk mengurangi Reboot pada saat install aplikasi atau peralatan baru.

Sistem Operasi Lain
DOS (Disk Operating Sistem), merupakan sistem operasi berorientasi pada perintah teks yang dioperasikan pada command prompt. Sistem operasi ini merupakan pendahulu dari windows. DOS dengan PC-DOS yang dibuat oleh IBM Corp. adalah sistem operasi untuk
komputer PC berbasis 16-bit yang pertama kali terkenal dan menggantikan sistem operasi sebelumnya yaitu CP/M (Control Program/ Monitor) yang berbasis komputer 8-bit. Selain itu muncul MS-DOS yang dibuat oleh Microsoft yang masih digunakan hingga saat ini yang beroperasi pada versi wondows milik microsoft. Prinsipnya perintah-perintah pada sistem operasi DOS dibedakan menjadi 2 bentuk perintah, yaitu internal coammand dan external command.
Sistem Operasi lain
Selain itu ada sistem operasi lain yang juga berbasis jaringan seperti Novell Netware, Banyan Vines, CPM, OS/2 Warp Server, Mac OS X (Apple NOS), dan LANtastic.

Software Aplikasi
Software aplikasi atau perangkat lunak aplikasi adalah software program yang memiliki aktifitas pemrosesan perintah yang diperlukan untuk melaksanakan permintaan pengguna dengan tujuan tertentu. Software aplikasi terdiri dari :
• Bahasa Pemrograman (Programming language)
• Program Aplikasi (Aplication Program)
• Program Paket/Paket aplikasi (Packet Program)
• Program Utilitas (Utility Program)
• Games dan Entertainment
• Dan lain-lain

Bahasa Pemrograman
Bahasa Pemrograman (Programming language) adalah perangkat lunak bahasa yang digunakan dengan cara merancang atau membuat program sesuai dengan struktur dan metode yang dimiliki oleh bahasa program itu sendiri. Komputer mengerjakan transformasi data berdasarkan kumpulan perintah program yang telah dibuat oleh pemrogram. Kumpulan perintah ini harus dimengerti oleh komputer, berstruktur tertentu (syntax) dan bermakna. Bahasa pemrograman merupakan notasi untuk memberikan secara tepat program komputer.
Menurut tingkatannya, bahasa pemrograman dibagi atas 3 tingkatan, yaitu:
• Bahasa pemrograman tingkat rendah (Low Level Language), bahasa pemrograman jenis
ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanyalah pembuatnya saja karena isi programmnya berupa kode-kode mesin.
• Bahasa Pemrograman tingkat menengah (Midle Level Language), merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah dimana penggunaan instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun begitu masih sulit untuk di mengerti. Yang tergolong kedalam bahasa ini adalah Assembler.
• Bahasa pemrograman tingkat tinggi (High Level Language), merupakan bahasa tingkat tinggi yang mempunyai ciri lebih terstruktur, mudah dimengerti karena menggunakan bahasa sehari-hari. Contoh-contoh bahasa yang disebut diatas merupakan bahasa yang digunakan pada level ini. Contohnya : Basic, Pascal, Delphi, Visual Studio (Visual Basic, visual Foxpro, Visual Objeck), ORACLE, MS-SQL, Perl, Phyton, Informix, C, C++ ADA, Java, PHP, ASP, XML dan lain sebagaianya. Bahasa seperti Java, PHP, ASP, XML biasanya digunakan untuk pemrograman pada internet, dan masih banyak lagi yang
terus berkembang yang saat ini biasanya dengan ekstensi .NET seperti Visual Basic.NET dan Delphi.NET yang merupakan bahasa program yang dikembangkan pada arah basis internet.

Compiler dan Intepreter
Penerjemahan dari kode sumber dalam bahasa tingkat tinggi kedalam instruksi mesin dilakukan dengan dua macam cara, yaitu kompilasi (compiler) dan interpretasi (interpreter).
• Compiler Adalah suatu program yang menterjemahkan bahasa program (source code) ke dalam bahasa objek (object code). Compiler menggabungkan keseluruhan bahasa program dikumpulkan kemudian disusun kembali. Compiler memerlukan waktu untuk membuat suatu program yang dapat dieksekusi oleh komputer.
• Interpreter menganalisis dan mengeksekusi setiap baris dari program tanpa melihat program secara keseluruhan. Keuntungan dari Interpreter adalah dalam eksekusi yang bisa dilakukan dengan segera. Tanpa melalui tahap kompilasi, untuk alasan ini interpreter digunakan pada saat pembuatan program berskala besar.

Model Pemrograman
Model-model atau tipe pengembangan pemrograman dapat dibedakan menjadi :
• Model Pemrograman Tak Terstruktur. Yaitu model pemrograman yang dimiliki oleh bahasa mesin. Bentuk dan strukturnya sulit untuk ditentukan algoritmanya. Struktur pemrograman biasanya berdasar pada pemikiran khusus oleh pembuat program dan biasanya hanya dimengerti oleh pembuatnya saja. Bentuk pemrograman ini digunakan saat pertama kali dibuat komputer. Saat ini bentuk pemrograman ini sangat jarang digunakan bahkan bisa dikatakan hampir tidak ada.
• Model Pemrograman terstruktur .Pemrograman terstruktur adalah cara pemrosesan data yang terstuktur. Prinsip pemrograman terstruktur adalah jika suatu proses telah sampai pada point tertentu, maka proses selanjutnya tidak boleh melompat ke baris sebelumnya, kecuali untuk proses berulang. Tujuan dari pemrograman terstruktur adalah :
– Untuk meningkatkan kinerja atau kehandalan program
– Agar Program mudah dibaca dan ditelusuri
– Untuk menyederhanakan kerumitan program
Ciri-ciri pemrograman terstruktur adalah :
– Memiliki algoritma pemecahan masalah yang baik dan benar
– Dalam menuliskan program harus memiliki struktur logika yang benar dan mudah dipahami
– Memiliki struktur dasar yaitu pengurutan (sorting), seleksi (selection), dan perulangan (looping)
– Menghindari penggunaan pernyataan GOTO, yang bisa mengakibatkan program menjadi tidak terstruktur.
– Memiliki sistem pendokumentasian yang baik dan murah
– Biaya pengujian dan perawatannya murah.

Algoritma
Algoritma adalah kumpulan urutan perintah yang menentukan operasi-operasi tertentu yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu masalah ataupun mengerjakan suatu tugas tertentu. Algoritma merupakan urutan langkah instruksi yang logis. Setiap langkah instruksi mengerjakan suatu tindakan aksi. Bila suatu aksi dilaksanakan, maka operasi atau sejumlah operasi yang bersesuaian dengan aksi itu dikerjakan oleh pemroses. Bila data yang digunakan benar, maka algoritma akan selalu berhenti dengan memberikan hasil yang benar pula. Pembuatan algoritma harus selalu dikaitkan dengan:
– Kebenaran algoritma, yakni bila program selesai maka hasilnya juga benar
– Kompleksitas, lama, dan jumlah waktu proses dan penggunaan memori. Algoritma untuk menetapkan program yang baik, bercirikan:
– Tepat sasaran, yaitu memenuhi spesifikasi pekerjaan dan bekerja sesuai tujuan.
– Flexible dan portable, yaitu flexible untuk dikembangkan lebih lanjut serta Portable ntuk digunakan pada berbagai sistem dan mesin
– Bersih dari kesalahan sistem ataupun lojik
– Murah, efisien dalam penggunaan piranti memori dan penyimpanan lainnya
– Cepat waktu pelaksanaannya
– Didokumentasi dengan baik untuk pengoperasian, pemeliharaan dan pengembangan
– Algoritma merupakan pemberian (description) pelaksanaan suatu proses, dimana sebuah proses dikerjakan oleh pemroses mengikuti algoritma yang sudah dibuat.

Model Pemrograman Berorientasi Objek
Model pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programmin /OOP) sebenarnya meniru kehidupan nyata, yaitu bahwa segala sesuatu disekitar kita adalah objek. Orientasi objek adalah cara pandang bukan sekedar algoritma yang diterapkan pada bahasa berorientasi objek. Cara pandang objek memandang segala sesuat sebagai objek.Seperti misal orang, mobil, buku, televisi, dan sebagainya adalah objek. Setiap objek memiliki dua elemen yaitu data dan metoda. Setiap bahasa pemrograman berorientasi objek pasti mendukung tiga konsep dasar sebagai berikut :
• Pengkapsulan (Encapsulation), yaitu penggabungan data dan metode ke dalam satu kesatuan yang disebut kelas.
• Pewarisan (inheretence), yaitu penurunan terhadap sifat induk dan memungkinkan untuk membuat kelas baru yang memiliki data dan metode dari kelas lain, tetapi juga memiliki data dan metode sendiri.
• Polimorfisme (polymorphism), yaitu beberapa kelas yang diturunkan dari satu kelas mempunyai metode yang sama tetapi implementasinya yang berbeda.

Program Aplikasi
Program Aplikasi dapat dibedakan atas tiga katagori, yaitu Personal Packaged Software, Workgroup Computing, dan Enterprise Applications.
• Personal Packaged Software.Personal Packaged Software, adalah sekumpulan perangkat lunak tertentu yang telah diintegrasikan dengan sengaja pada perangkat keras yang ada (dalam hal ini PC) dengan tujuan untuk kepentingan yang sifatnya personal. Yang termasuk dalam katagori ini adalah: Accounting , Communication, Desktop database, Desktop Publishing, Forms, Graphic/Draw and Paint, Graphics/presentation, Information Management, Integrated, Personal Finance, Office Suite, Project Management, Spreadsheet, Utilities, Word Processor, Games/Entertainment.
• Workgroup Computing. Workgroup Computing, adalah perangkat lunak yang memiliki fungsi workgroup (kolaborasi) dalam suatu lingkungan kerja. Seperti Messaging system, conferencing, e-forms, email, scheduling, workflow.
• Enterprise Applications. Enterprise Applications, adalah serangkaian aplikasi yang didesain untuk membantu pengguna dalam hal pengelolaan data dan mendukung fungsi fungsi bisnis dari suatu organisasi. Seperti: Horizontal Application, Vertical Application, Project management, Pengembangan aplikasi, Integrasi perangkan lunak, Integrasi sistem-sistem, Pengembangan teknologi.

---===ooo000ooo===---


BAB IX
INTERNET

Konsep Internet
Internet adalah sebuah jaringan komputer global, yang terdiri dari jutaan komputer yang saling terhubung dengan menggunakan protocol yang sama untuk berbagi secara bersama informasi. Jadi internet merupakan kumpulan atau penggabungan jaringan komputer lokal atau LAN menjadi jaringan komputer global atau WAN. Jaringanjaringan tersebut saling berhubungan atau berkomunikasi satu sama lain dengan berbasiskan protokol IP ( Internet Protocol ) dan TCP (Transmission Control Protocol) atau UDP (User Datagram Protocol), sehingga setiap pengguna pada setiap jaringan dapat mengakses semua
layanan yang disediakan oleh setiap jaringan. Dengan menggunakan protocol tersebut arsitektur jaringan komputer yang berbeda akan dapat saling mengenali dan bisa berkomunikasi. Sejarah internet bermula dari Pemerintah federal AS yang menciptakan Net (jaringan) sebagai jaringan komunikasi yang dapat menahan berbagai serangan dari Rusia. Advanced Research Projects Agency (ARPA) pada bulan Juli 1968 mengontrak Bolt Beranek and Newman, sebuah perusahaan desain komputer di Cambridge Massachusette untuk membangun ARPANET Jaringan yang akan menghubungkan komputer-komputer di Institut Penelitian Stanford UCLA, UC Santa Barbara dan University of Utah yang kemudian mulai dilaksanakan pada tahun 1969 dengan menghubungkan empat host komputer dengan besar bandwidth-nya 50 kbps (kilo bit per second) . Jaringan ini meluas seiring dengan perkembangan teknologi protokol dan switching. Kemudian pada tahun 1984 diperkenalkan DNS (Domain Name System) sebagai cara untuk mengidentifikasi badan atau institusi yang mengelola host. Saat itu enam domain utama dikeluarkan, yaitu edu (edication), gov(government), mil (military), com (commercial), org (organization), dan net (network resources). Dan pada tahun 1986, National Science Foundation menciptakan NFSnet yang menghubungkan jaringan-jaringan regional melalui backbone nasional berkecepatan tinggi yaitu 56 kbps.
pada tahun 1993 NSF mendirikan InterNIC yang bertugas menyediakan layanan internet seperti pendaftaran domain (yang dikelola oleh Network Solutions Inc.), direktori, dan servis database (dikelola oleh AT&T). Pada tahun 1994 pula, sebuah situs komersial yang menyediakan search engine diluncurkan dan diberinama Yahoo! ( Yet Another Hierarchical Officious Oracle).
Sampai saat ini sudah ratusan juta orang diseluruh dunia memanfaatkan internet. Bahkan tidak mustahil hingga tahun 2010 lebih dari satu milyar orang didunia bisa menikmati teknologi internet yang saat ini telah menyediakan hampir seluruh kebutuhan informasi bagi manusia yang menggunakannya.

Layanan Internet
Fasilitas-fasilitas internet memiliki beberapa tujuan, yaitu :
• Sebagai Media Melakukan Transfer File
• Sebagai sarana mengirim Surat (E-mail)
• Sebagai Pusat Pembelajaran dan Pendidikan
• Sebagai sarana untuk penjualan atau pemasaran
• Melakukan Mailing List, Newsgroup dan konferensi
• Chating
• Search Engine
• Untuk mengirim SMS ke telepon sellular
• Sarana Entertainment dan Games

Etika Ber-internet
Etiket dalam berkomunikasi di internet dikenal dengan nama Netiquette atau Network Etiquette. Hal-hal yang sebaiknya dihindari dalam berkomunikasi di internet antara lain :
a. Pemakaian akronim yang berlebihan sewaktu menulis e-mail atau berdiskusi. Akronim yang lazim dipakai antara lain : btw (by the way), imho (in my humble opinion), fwiw (for what is worth), fyi (for your information), rtfm (read the friendly manual).
b. Jangan menulis ulang semua isi e-mail atau diskusi yang akan kita balas. Tulis hanya bagian-bagian yang memang hendak diberi tanggapan.
c. Jangan menulis e-mail atau diskusi dengan huruf besar semua karena selain akan lebih sukar dibaca, juga memberikan kesan marah. Gunakan pemakaian huruf yang semestinya.
d. Jangan menulis e-mail lebih dari 70 karakter dalam satu baris. Hal ini membuat mail kita sukar dibaca, khususnya pembaca yang menggunakan terminal character-mode.
e. Untuk menyatakan ekspresi kita pada forum diskusi dan e-mail, berikut ini beberapa simbol yang dapat digunakan :
:-) tersenyum bebas
:) merasa senang, gembira
:-( tidak setuju akan sesuatu hal
:-D menertawai seseorang , dan lain-lain

Penamaan di Internet
Nama-nama sebuah situs atau sering disebut nama domain atau host di internet yang kita akses setiap saat misalnya yahoo.com, detik.com, ugm.ac.id, dan sebagainya, sebenarnya bukan nama asli yang diberikan oleh komputer. Nama-nama tersebut difungsikan untuk mempermudah dan pengingatan oleh manusia pada umumnya.
Untuk mengenal nama-nama tersebut komputer menggunakan metode khusus system pengalamatan agar nama-nama tersebut dapat dibaca oleh komputer. Komputer akan mengkonversi nama domain menjadi kode-kode angka yang disusun dengan aturan yang telah ditentukan yang disebut sebagai alamat IP (Internet Protocol). Begitu sebaliknya komputer yang telah membaca dengan nomor IP akan dikonversikan kedalam bentuk format kata yang disebut dengan DNS (Domain Name system).

Bentuk umum pemberian nama menurut DNS adalah :
nama_komputer.nama_subdomain.nama_top_domain
Nama_komputer adalah nama komputer yang bersangkutan. Nama_subdomain bisa berupa nama organisasi (dec, ibm), jenis organisasi (net, go), atau nama gerbang (gateway) jika komputer tersebut mengakses internet melalui gateway. Nama_subdomain bisa lebih dari satu. Nama_top_domain adalah nama domain tingkat atas seperti nama negara (id, us) atau nama-nama seperti com, gov, edu untuk komputer-komputer yang berada di lingkungan AS. Penamaan seperti ini memberikan informasi dimana komputer tersebut
berada. Misalnya indo.net.id, nama komputernya adalah indo, nama subdomainnya adalah net singkatan dari network (penyedia jaringan) yang dapat diartikan sebagai Janis organisasinya, dan nama topdomainnya adalah id yang berarti komputer tersebut berlokasi di Indonesia. Berikut ini adalah nama top_domain. yang khusus berada di AS :
com : Organisasi komersial
edu : Semua instansi yang terkait dalam bidang pendidikan
gov : Semuan instansi pemerintah Amerika
mil : Instansi militer
net : Internet gateway dan jaringan-jaringan utama
org : Semua organisasi yang tidak termasuk salah satu di atas
arpa : Khusus untuk ARPAnet
int : Organisasi internasional
Namun pada kenyataanya bahwa ekstensi seperti diatas digunakan secara umum oleh seluruh Negara di dunia. Sedangkan untuk menyebut khusus pada sebuah Negara tertentu, maka ekstensi domain tersebut akan ditulis seperti contoh pendidikan tinggi atau universitas di Indonesia diberi nama ugm.ac.id (.ac.id berarti academic Indonesia), contoh lain sebuah departemen di Indonesia diberi nama depkes.go.id (.go.id berarti government Indonesia), begitu juga berlaku untuk Negara yang lainnya.

INSTALASI INTERNET
Instalasi internet merupakan perlakukan atau tindakan bagaimana supaya komputer yang kita gunakan bisa terhubung dengan internet. Untuk menghubungkan ke internet, kita bisa menggunakan berbagai saluran seperti VSAT (satelit), radio paket,DirectPC, dial-up dan leasedline.

Membangun WEB
Internet tidak sama dengan Web. Dasar desain web yang paling umum digunakan adalah HTML. HTML (Hypertext Markup Language) adalah bahasa dari World Wide Web yang dipergunakan untuk menyusun dan membentuk dokumen agar dapat ditampilkan pada program browser. Tiap kali kita mengakses dokumen web, maka sesungguhnya kita mengakses dokumen seseorang yang ditulis dengan menggunakan format HTML. Saat ini terdapat banyak sekali HTML authoring (software yang digunakan untuk membuat atau mendesain halaman web). Macromedia Dreamweaver, Adobe GoLive, MS FrontPage, Netscape Composer,HotDog adalah contohcontohnya. Setelah dikembangkanya HTML versi 4.0 tahun 1997, pada tahun 2000 diberi nama XHTML 1.0 yang merupakan modifiaksi HTML versi 4.01 untuk menyesuaikan diri ke standar XML (eXtensible Markup Language).

Pengembangan Program WEB
Karena HTML dirasa sebagai web yang statis, padahal kebutuhan akan tampilan untuk ecommerce agar menjadi daya tarik dalam berbisnis, maka bahasa pemrograman internet mulai dikembangkan secara atraktif dan dinamis. Materi situs web semakin kompleks, terutama berkat kalangan komersial yang berbondong-bondong online, di sisi server Web mulai berubah. Muncullah kebutuhan-kebutuhan baru untuk:
• Berinteraksi dengan pengunjung situs.
• Menampilkan informasi perusahaan yang berasal dari database.
• Menampilkan halaman yang memproses informasi dari klien, ter-update otomatis, berbeda tampilan sesuai kondisi tertentu, dan sebagainya. Apa yang harus berada di sisi server kini tak cukup lagi hanya kumpulan file statik, tapi program aplikasi dan database. Situs web seperti ini yang disebut situs web dinamik. Hingga saat ini banyak teknologi yang bersaing dalam bahasa pemrograman dinamik di internet, yang secara garis besar dibagi menjadi 2 bentuk pemrograman yaitu Server-Side dan Client-Side.

Server-Side Programming, proses (baik menyimpan atau mengeksekusi program akan dilakukan di Web Server yang menghubungkan web page). Model ini cirinya adalah lebih komplek, membutuhkan server khusus, tetapi aman. Contoh programnya adalah Common Gateway Interface (CGI)/Perl, ASP (Active Server Pages), PHP, dan JSP (Java Server pages).

Client-Side Programming (Web Browser) hanya akan menerima hasilnya dalam bentuk HTML. yaitu dapat men-download program dengan web page, yang dilaksanakan pada mesin client. Model ini cirinya adalah simple, generik, namun kurang aman. Contoh programnya adalah Javascript dan Java Applet, dan VBScript.

Penempatan Situs Web di Web Server (Web Hosting)
Saat kita memutuskan untuk membangun situs web, pada saat itu kita memutuskan untuk mencari rumah untuk situs web yang akan di bangun. File web tersebut mau tidak mau harus di letakan di sebuah server web yang tersambung ke internet 24 jam se hari. Komputer server tersebut dapat berupa komputer di rumah atau kantor, atau menggunakan servis web hosting yang marak di Internet agar situs Web kita dikenal banyak orang.
Ada beberapa Web Server yang hanya membolehkan penempatan CGI buatan pihak luar. Berikut ini adalah beberapa Web Server gratis local maupun luar yang dapat kita pertimbangkan sebagai penempatan situs Web kita. Untuk Web Server lokal, ada baiknya kita mempertimbangkan lebih jauh sebelum memutuskan untuk menempatkan situs Web kita di sana karena Web Server lokal umumnya sangat rentan terhadapgangguan keuangan yang menopang keberadaannya. Untuk menemukan lebih banyak web hosting gratis. kita dapat menggunakan search engine seperti www.yahoo.com atau www.google.com, dengan menggunakan kata kunci "free web hosting".

Keputusan untuk menggunakan web hosting baik secara gratis maupun harus dengan biaya, perlu adanya pertimbangan sebagai berikut:
• Membangun web secara in-house atau out-house.
• Package Providers, yang perlu diperhatikan :
• Berapa cepat & stabilkah sambungan mereka ke Internet?.
• Berapa lama mereka sudah beroperasi? Berapa pegawai yang mereka punyai?.
• Apakah mereka memberikan servis domain name yang penuh ?
• Berapa megabyte data yang boleh di simpan?.
• Bagaimana bentuk laporan trafik yang diberikan oleh hosting servis?.
• Bagaimana cara kita meng-update halaman web?.
• Apakah servis hosting mendukung CGI sehingga kita dapat menggunakan formulir, pencari database dan image map?.
• Apakah ada penjaga keamanan yang menjamin hacker / cracker tidak masuk?.

Mempromosikan Situs Web
Situs yang telah kita buat agar bisa diakses atau dikunjungi oleh para pengguna internet
perlu dipublikasikan atau dipromosikan. Ada dua cara untuk mempromosikan situs yaitu dengan melalui situs portal, dan melalui mesin pencari (search engine).

Komunikasi CGI
􀃟 Kirim data
Respon
dari CGI
Respon
dari CGI
Panggil CGI
Browser Web browser
Program eksternal
CGI

Bisnis di Internet
E-Commerce
E-Commerce (Electronic commerce/ perdagangan elektronik), seringkalididefinisikan sebagai perdagangan atau jual beli barang dan jasammelalui medium elektronik, khususnya melalui internet. Salah satu contoh adalah penjualan produk secara online melalui internet. Dalam beberapa istilah e-commerce juga dikenal e-bisnis, e-store, e-tailing, dan e-market.
Untuk menjadi suatu situs e-commerce yang sukses harus memiliki sesuatu yang membuat konsumen berminat untuk kembali. Salah satu yang terpenting adalah pelayanan yang baik pada konsumen. Pelayanan yang baik bisa mencakup beberapa hal, tapi yang terutama adalah kemudahan dalam memilih barang, perpindahan halaman Web
yang cepat, serta pengiriman barang yang tepat waktu. Ketika suatu perusahaan telah memutuskan untuk melakukan bisnis lewat internet, ini berarti para eksekutif dalam perusahaan itu sendiri telah memikirkan bahwa manfaat yang didapat akan melebihi disbanding dengan kendala yang akan dihadapi. Ini berarti bahwa pihak top manajemen mengambil langkah strategis untuk mewujudkan komitmen menggunakan perdagangan lewat internet untuk mencapai keunggulang yang strategis.

Memulai E-commerce
Banyak pertanyaan yang masih mengganjal pada kebanyakan pelaku bisnis konvensional yang akan mengembangkan bisnisnya melalui internet. Yang jelas pelaku bisnis utamanaya akan mempertimbangkan untung-ruginya jika bisnis dikembangkan melalui internet. Pertanyaan yang sering muncul seperti terangkum berikut :
􀀀 • Seberapa besar manfaat (keuntungan) yang diperoleh dari ecommerceini?
􀀀 • Bagaimana aturan main atau prosedur bisnisnya ?
􀀀 • Berapa lama akan berlangsung bisnis dengan cara ini ?
􀀀 • Bagaimana dengan resiko yang terjadi ?
􀀀 • Siapa saja para konsumennya?
􀀀 • Bagaimana jaminan keabsahan dan perlindungan hukum dari transaksi perdagangan ini?
􀀀 • Dan lain-lain pertanyaan yang masih harus dijelaskan para banyak pelaku bisnis

Standar Teknologi untuk E-commerce ubungannya dengan transaksi bisnis-ke-bisnis (B2B/bisnis to bisnis) standar teknologi ntuk e-commerce diantaranya adalah
• Electronic Data Interchange (EDI): EDI adalah sebuah standar struktur dokumen yang
dirancang untuk memungkinkan organisasi besar untuk mengirimkan informasi melalui jaringan private.
• Open Buying on the Internet (OBI): adalah sebuah standar yang dibuat oleh Internet Purchasing Roundtable yang akan menjamin bahwa berbagai sistem e-commerce dapat berbicara satu dengan lainnya.
• Open Trading Protocol (OTP): OTP dimaksudkan untuk menstandarisasi berbagai aktifitas yang berkaitan dengan proses pembayaran, seperti perjanjian pembelian, resi untuk pembelian, dan pembayaran.
• Open Profiling Standard (OPS): sebuah standar yang di dukung oleh Microsoft dan Firefly http://www.firefly.com/. OPS memungkinkan pengguna untuk membuat sebuah profil pribadi dari kesukaan masing-masing pengguna yang dapat dia share dengan merchant.
• Secure Socket Layer (SSL): Protokol ini di disain untuk membangun sebuah saluran yang aman ke server
• Secure Electronic Transactions (SET): SET akan mengengkodekan nomor kartu kredit yang di simpan di server merchant.
• Truste http://www.truste.org/ adalah sebuah partnership dari berbagai perusahaan yang mencoba membangun kepercayaan public dalam e-commerce dengan cara memberikan cap Good Housekeeping yang memberikan approve pada situs yang tidak melanggar kerahasiaan konsumen.

E-business Model
E-business model merupakan suatu pendekatan untuk memandu bisnis elektronik melalui sebuah perusahaan yang dapat bertahan dan menghasilkan perkembangan yang menguntungkan. Beberapa modelmodel yang ada dalam e-business untuk mendefinisikan aspek-aspek e-bisnis, yaitu :
• Brokerage Model (Saham).
• Advertising Model (Periklanan).
• Infomediary Model.
• Merchant.
• Manufacturer (Direct) Model
• Affiliate Model
• Community Model.
• Subscription Model
• Utility Model.




Transaksi dan Pembayaran di Internet
Setiap transaksi bisnis yang dilakukan melalui internet semestinya dapat memenuhi hal-hal sebagai berikut :
• Kerahasiaan
• Keutuhan
• Keabsahan atau keotentikan
• Dapat diijadikan bukti / tak dapat disangkal
Sistem Pembayaran digital bisa dilakukan dengan cara :
• Uang Digital.
• E-Gold (electronic gold), merupakan alat pembayaran elektronik yang berlaku global (seluruh dunia) dengan menggunakan standart nilai berupa harga emas murni 100% yang berlaku dipasar internasional.

E-banking
Sistem perbankan modern yang ada saat ini dalam melakukan bisnis jasanya sangat mengandalkan teknologi informasi untuk memberikan layanan pada konsumen ataunasabahnya sehingga proses layanan yang terjadi baik dari sisi nasabah maupun pihak bank tersebut menjadi praktis,bermutu, dan flkesibel. Bahkan produk-produk jasa unggulan yang dimiliki perusahaan perbankan sangat mengandalkan komputer sebagai bisnisnya, misalnya adanya ATM, kartu kredit, transfer uang,pencatatan tabungan, dan lain-lain. Produk jasa layanan yang mengandalkan teknologi informasi berbasis jaringan itulah yang disebut sebagai elekotrinic banking (E-banking). prinsip manajemen risiko internet banking dibagi dalam tiga bagian yang tidak terpisahkan dan saling melengkapi yaitu pengawasan aktif komisaris dan direksi Bank, pengendalian pengamanan, serta manajemen risiko hukum dan risiko reputasi.

Tidak ada komentar: