Sabtu, 07 Juni 2008

BAB IX INTERNET

BAB IX
INTERNET

Konsep Internet
Internet adalah sebuah jaringan komputer global, yang terdiri dari jutaan komputer yang saling terhubung dengan menggunakan protocol yang sama untuk berbagi secara bersama informasi. Jadi internet merupakan kumpulan atau penggabungan jaringan komputer lokal atau LAN menjadi jaringan komputer global atau WAN. Jaringanjaringan tersebut saling berhubungan atau berkomunikasi satu sama lain dengan berbasiskan protokol IP ( Internet Protocol ) dan TCP (Transmission Control Protocol) atau UDP (User Datagram Protocol), sehingga setiap pengguna pada setiap jaringan dapat mengakses semua
layanan yang disediakan oleh setiap jaringan. Dengan menggunakan protocol tersebut arsitektur jaringan komputer yang berbeda akan dapat saling mengenali dan bisa berkomunikasi. Sejarah internet bermula dari Pemerintah federal AS yang menciptakan Net (jaringan) sebagai jaringan komunikasi yang dapat menahan berbagai serangan dari Rusia. Advanced Research Projects Agency (ARPA) pada bulan Juli 1968 mengontrak Bolt Beranek and Newman, sebuah perusahaan desain komputer di Cambridge Massachusette untuk membangun ARPANET Jaringan yang akan menghubungkan komputer-komputer di Institut Penelitian Stanford UCLA, UC Santa Barbara dan University of Utah yang kemudian mulai dilaksanakan pada tahun 1969 dengan menghubungkan empat host komputer dengan besar bandwidth-nya 50 kbps (kilo bit per second) . Jaringan ini meluas seiring dengan perkembangan teknologi protokol dan switching. Kemudian pada tahun 1984 diperkenalkan DNS (Domain Name System) sebagai cara untuk mengidentifikasi badan atau institusi yang mengelola host. Saat itu enam domain utama dikeluarkan, yaitu edu (edication), gov(government), mil (military), com (commercial), org (organization), dan net (network resources). Dan pada tahun 1986, National Science Foundation menciptakan NFSnet yang menghubungkan jaringan-jaringan regional melalui backbone nasional berkecepatan tinggi yaitu 56 kbps.
pada tahun 1993 NSF mendirikan InterNIC yang bertugas menyediakan layanan internet seperti pendaftaran domain (yang dikelola oleh Network Solutions Inc.), direktori, dan servis database (dikelola oleh AT&T). Pada tahun 1994 pula, sebuah situs komersial yang menyediakan search engine diluncurkan dan diberinama Yahoo! ( Yet Another Hierarchical Officious Oracle).
Sampai saat ini sudah ratusan juta orang diseluruh dunia memanfaatkan internet. Bahkan tidak mustahil hingga tahun 2010 lebih dari satu milyar orang didunia bisa menikmati teknologi internet yang saat ini telah menyediakan hampir seluruh kebutuhan informasi bagi manusia yang menggunakannya.

Layanan Internet
Fasilitas-fasilitas internet memiliki beberapa tujuan, yaitu :
• Sebagai Media Melakukan Transfer File
• Sebagai sarana mengirim Surat (E-mail)
• Sebagai Pusat Pembelajaran dan Pendidikan
• Sebagai sarana untuk penjualan atau pemasaran
• Melakukan Mailing List, Newsgroup dan konferensi
• Chating
• Search Engine
• Untuk mengirim SMS ke telepon sellular
• Sarana Entertainment dan Games

Etika Ber-internet
Etiket dalam berkomunikasi di internet dikenal dengan nama Netiquette atau Network Etiquette. Hal-hal yang sebaiknya dihindari dalam berkomunikasi di internet antara lain :
a. Pemakaian akronim yang berlebihan sewaktu menulis e-mail atau berdiskusi. Akronim yang lazim dipakai antara lain : btw (by the way), imho (in my humble opinion), fwiw (for what is worth), fyi (for your information), rtfm (read the friendly manual).
b. Jangan menulis ulang semua isi e-mail atau diskusi yang akan kita balas. Tulis hanya bagian-bagian yang memang hendak diberi tanggapan.
c. Jangan menulis e-mail atau diskusi dengan huruf besar semua karena selain akan lebih sukar dibaca, juga memberikan kesan marah. Gunakan pemakaian huruf yang semestinya.
d. Jangan menulis e-mail lebih dari 70 karakter dalam satu baris. Hal ini membuat mail kita sukar dibaca, khususnya pembaca yang menggunakan terminal character-mode.
e. Untuk menyatakan ekspresi kita pada forum diskusi dan e-mail, berikut ini beberapa simbol yang dapat digunakan :
:-) tersenyum bebas
:) merasa senang, gembira
:-( tidak setuju akan sesuatu hal
:-D menertawai seseorang , dan lain-lain

Penamaan di Internet
Nama-nama sebuah situs atau sering disebut nama domain atau host di internet yang kita akses setiap saat misalnya yahoo.com, detik.com, ugm.ac.id, dan sebagainya, sebenarnya bukan nama asli yang diberikan oleh komputer. Nama-nama tersebut difungsikan untuk mempermudah dan pengingatan oleh manusia pada umumnya.
Untuk mengenal nama-nama tersebut komputer menggunakan metode khusus system pengalamatan agar nama-nama tersebut dapat dibaca oleh komputer. Komputer akan mengkonversi nama domain menjadi kode-kode angka yang disusun dengan aturan yang telah ditentukan yang disebut sebagai alamat IP (Internet Protocol). Begitu sebaliknya komputer yang telah membaca dengan nomor IP akan dikonversikan kedalam bentuk format kata yang disebut dengan DNS (Domain Name system).

Bentuk umum pemberian nama menurut DNS adalah :
nama_komputer.nama_subdomain.nama_top_domain
Nama_komputer adalah nama komputer yang bersangkutan. Nama_subdomain bisa berupa nama organisasi (dec, ibm), jenis organisasi (net, go), atau nama gerbang (gateway) jika komputer tersebut mengakses internet melalui gateway. Nama_subdomain bisa lebih dari satu. Nama_top_domain adalah nama domain tingkat atas seperti nama negara (id, us) atau nama-nama seperti com, gov, edu untuk komputer-komputer yang berada di lingkungan AS. Penamaan seperti ini memberikan informasi dimana komputer tersebut
berada. Misalnya indo.net.id, nama komputernya adalah indo, nama subdomainnya adalah net singkatan dari network (penyedia jaringan) yang dapat diartikan sebagai Janis organisasinya, dan nama topdomainnya adalah id yang berarti komputer tersebut berlokasi di Indonesia. Berikut ini adalah nama top_domain. yang khusus berada di AS :
com : Organisasi komersial
edu : Semua instansi yang terkait dalam bidang pendidikan
gov : Semuan instansi pemerintah Amerika
mil : Instansi militer
net : Internet gateway dan jaringan-jaringan utama
org : Semua organisasi yang tidak termasuk salah satu di atas
arpa : Khusus untuk ARPAnet
int : Organisasi internasional
Namun pada kenyataanya bahwa ekstensi seperti diatas digunakan secara umum oleh seluruh Negara di dunia. Sedangkan untuk menyebut khusus pada sebuah Negara tertentu, maka ekstensi domain tersebut akan ditulis seperti contoh pendidikan tinggi atau universitas di Indonesia diberi nama ugm.ac.id (.ac.id berarti academic Indonesia), contoh lain sebuah departemen di Indonesia diberi nama depkes.go.id (.go.id berarti government Indonesia), begitu juga berlaku untuk Negara yang lainnya.

INSTALASI INTERNET
Instalasi internet merupakan perlakukan atau tindakan bagaimana supaya komputer yang kita gunakan bisa terhubung dengan internet. Untuk menghubungkan ke internet, kita bisa menggunakan berbagai saluran seperti VSAT (satelit), radio paket,DirectPC, dial-up dan leasedline.

Membangun WEB
Internet tidak sama dengan Web. Dasar desain web yang paling umum digunakan adalah HTML. HTML (Hypertext Markup Language) adalah bahasa dari World Wide Web yang dipergunakan untuk menyusun dan membentuk dokumen agar dapat ditampilkan pada program browser. Tiap kali kita mengakses dokumen web, maka sesungguhnya kita mengakses dokumen seseorang yang ditulis dengan menggunakan format HTML. Saat ini terdapat banyak sekali HTML authoring (software yang digunakan untuk membuat atau mendesain halaman web). Macromedia Dreamweaver, Adobe GoLive, MS FrontPage, Netscape Composer,HotDog adalah contohcontohnya. Setelah dikembangkanya HTML versi 4.0 tahun 1997, pada tahun 2000 diberi nama XHTML 1.0 yang merupakan modifiaksi HTML versi 4.01 untuk menyesuaikan diri ke standar XML (eXtensible Markup Language).

Pengembangan Program WEB
Karena HTML dirasa sebagai web yang statis, padahal kebutuhan akan tampilan untuk ecommerce agar menjadi daya tarik dalam berbisnis, maka bahasa pemrograman internet mulai dikembangkan secara atraktif dan dinamis. Materi situs web semakin kompleks, terutama berkat kalangan komersial yang berbondong-bondong online, di sisi server Web mulai berubah. Muncullah kebutuhan-kebutuhan baru untuk:
• Berinteraksi dengan pengunjung situs.
• Menampilkan informasi perusahaan yang berasal dari database.
• Menampilkan halaman yang memproses informasi dari klien, ter-update otomatis, berbeda tampilan sesuai kondisi tertentu, dan sebagainya. Apa yang harus berada di sisi server kini tak cukup lagi hanya kumpulan file statik, tapi program aplikasi dan database. Situs web seperti ini yang disebut situs web dinamik. Hingga saat ini banyak teknologi yang bersaing dalam bahasa pemrograman dinamik di internet, yang secara garis besar dibagi menjadi 2 bentuk pemrograman yaitu Server-Side dan Client-Side.

Server-Side Programming, proses (baik menyimpan atau mengeksekusi program akan dilakukan di Web Server yang menghubungkan web page). Model ini cirinya adalah lebih komplek, membutuhkan server khusus, tetapi aman. Contoh programnya adalah Common Gateway Interface (CGI)/Perl, ASP (Active Server Pages), PHP, dan JSP (Java Server pages).

Client-Side Programming (Web Browser) hanya akan menerima hasilnya dalam bentuk HTML. yaitu dapat men-download program dengan web page, yang dilaksanakan pada mesin client. Model ini cirinya adalah simple, generik, namun kurang aman. Contoh programnya adalah Javascript dan Java Applet, dan VBScript.

Penempatan Situs Web di Web Server (Web Hosting)
Saat kita memutuskan untuk membangun situs web, pada saat itu kita memutuskan untuk mencari rumah untuk situs web yang akan di bangun. File web tersebut mau tidak mau harus di letakan di sebuah server web yang tersambung ke internet 24 jam se hari. Komputer server tersebut dapat berupa komputer di rumah atau kantor, atau menggunakan servis web hosting yang marak di Internet agar situs Web kita dikenal banyak orang.
Ada beberapa Web Server yang hanya membolehkan penempatan CGI buatan pihak luar. Berikut ini adalah beberapa Web Server gratis local maupun luar yang dapat kita pertimbangkan sebagai penempatan situs Web kita. Untuk Web Server lokal, ada baiknya kita mempertimbangkan lebih jauh sebelum memutuskan untuk menempatkan situs Web kita di sana karena Web Server lokal umumnya sangat rentan terhadapgangguan keuangan yang menopang keberadaannya. Untuk menemukan lebih banyak web hosting gratis. kita dapat menggunakan search engine seperti www.yahoo.com atau www.google.com, dengan menggunakan kata kunci "free web hosting".

Keputusan untuk menggunakan web hosting baik secara gratis maupun harus dengan biaya, perlu adanya pertimbangan sebagai berikut:
• Membangun web secara in-house atau out-house.
• Package Providers, yang perlu diperhatikan :
• Berapa cepat & stabilkah sambungan mereka ke Internet?.
• Berapa lama mereka sudah beroperasi? Berapa pegawai yang mereka punyai?.
• Apakah mereka memberikan servis domain name yang penuh ?
• Berapa megabyte data yang boleh di simpan?.
• Bagaimana bentuk laporan trafik yang diberikan oleh hosting servis?.
• Bagaimana cara kita meng-update halaman web?.
• Apakah servis hosting mendukung CGI sehingga kita dapat menggunakan formulir, pencari database dan image map?.
• Apakah ada penjaga keamanan yang menjamin hacker / cracker tidak masuk?.

Mempromosikan Situs Web
Situs yang telah kita buat agar bisa diakses atau dikunjungi oleh para pengguna internet
perlu dipublikasikan atau dipromosikan. Ada dua cara untuk mempromosikan situs yaitu dengan melalui situs portal, dan melalui mesin pencari (search engine).

Komunikasi CGI
􀃟 Kirim data
Respon
dari CGI
Respon
dari CGI
Panggil CGI
Browser Web browser
Program eksternal
CGI

Bisnis di Internet
E-Commerce
E-Commerce (Electronic commerce/ perdagangan elektronik), seringkalididefinisikan sebagai perdagangan atau jual beli barang dan jasammelalui medium elektronik, khususnya melalui internet. Salah satu contoh adalah penjualan produk secara online melalui internet. Dalam beberapa istilah e-commerce juga dikenal e-bisnis, e-store, e-tailing, dan e-market.
Untuk menjadi suatu situs e-commerce yang sukses harus memiliki sesuatu yang membuat konsumen berminat untuk kembali. Salah satu yang terpenting adalah pelayanan yang baik pada konsumen. Pelayanan yang baik bisa mencakup beberapa hal, tapi yang terutama adalah kemudahan dalam memilih barang, perpindahan halaman Web
yang cepat, serta pengiriman barang yang tepat waktu. Ketika suatu perusahaan telah memutuskan untuk melakukan bisnis lewat internet, ini berarti para eksekutif dalam perusahaan itu sendiri telah memikirkan bahwa manfaat yang didapat akan melebihi disbanding dengan kendala yang akan dihadapi. Ini berarti bahwa pihak top manajemen mengambil langkah strategis untuk mewujudkan komitmen menggunakan perdagangan lewat internet untuk mencapai keunggulang yang strategis.

Memulai E-commerce
Banyak pertanyaan yang masih mengganjal pada kebanyakan pelaku bisnis konvensional yang akan mengembangkan bisnisnya melalui internet. Yang jelas pelaku bisnis utamanaya akan mempertimbangkan untung-ruginya jika bisnis dikembangkan melalui internet. Pertanyaan yang sering muncul seperti terangkum berikut :
􀀀 • Seberapa besar manfaat (keuntungan) yang diperoleh dari ecommerceini?
􀀀 • Bagaimana aturan main atau prosedur bisnisnya ?
􀀀 • Berapa lama akan berlangsung bisnis dengan cara ini ?
􀀀 • Bagaimana dengan resiko yang terjadi ?
􀀀 • Siapa saja para konsumennya?
􀀀 • Bagaimana jaminan keabsahan dan perlindungan hukum dari transaksi perdagangan ini?
􀀀 • Dan lain-lain pertanyaan yang masih harus dijelaskan para banyak pelaku bisnis

Standar Teknologi untuk E-commerce ubungannya dengan transaksi bisnis-ke-bisnis (B2B/bisnis to bisnis) standar teknologi ntuk e-commerce diantaranya adalah
• Electronic Data Interchange (EDI): EDI adalah sebuah standar struktur dokumen yang
dirancang untuk memungkinkan organisasi besar untuk mengirimkan informasi melalui jaringan private.
• Open Buying on the Internet (OBI): adalah sebuah standar yang dibuat oleh Internet Purchasing Roundtable yang akan menjamin bahwa berbagai sistem e-commerce dapat berbicara satu dengan lainnya.
• Open Trading Protocol (OTP): OTP dimaksudkan untuk menstandarisasi berbagai aktifitas yang berkaitan dengan proses pembayaran, seperti perjanjian pembelian, resi untuk pembelian, dan pembayaran.
• Open Profiling Standard (OPS): sebuah standar yang di dukung oleh Microsoft dan Firefly http://www.firefly.com/. OPS memungkinkan pengguna untuk membuat sebuah profil pribadi dari kesukaan masing-masing pengguna yang dapat dia share dengan merchant.
• Secure Socket Layer (SSL): Protokol ini di disain untuk membangun sebuah saluran yang aman ke server
• Secure Electronic Transactions (SET): SET akan mengengkodekan nomor kartu kredit yang di simpan di server merchant.
• Truste http://www.truste.org/ adalah sebuah partnership dari berbagai perusahaan yang mencoba membangun kepercayaan public dalam e-commerce dengan cara memberikan cap Good Housekeeping yang memberikan approve pada situs yang tidak melanggar kerahasiaan konsumen.

E-business Model
E-business model merupakan suatu pendekatan untuk memandu bisnis elektronik melalui sebuah perusahaan yang dapat bertahan dan menghasilkan perkembangan yang menguntungkan. Beberapa modelmodel yang ada dalam e-business untuk mendefinisikan aspek-aspek e-bisnis, yaitu :
• Brokerage Model (Saham).
• Advertising Model (Periklanan).
• Infomediary Model.
• Merchant.
• Manufacturer (Direct) Model
• Affiliate Model
• Community Model.
• Subscription Model
• Utility Model.




Transaksi dan Pembayaran di Internet
Setiap transaksi bisnis yang dilakukan melalui internet semestinya dapat memenuhi hal-hal sebagai berikut :
• Kerahasiaan
• Keutuhan
• Keabsahan atau keotentikan
• Dapat diijadikan bukti / tak dapat disangkal
Sistem Pembayaran digital bisa dilakukan dengan cara :
• Uang Digital.
• E-Gold (electronic gold), merupakan alat pembayaran elektronik yang berlaku global (seluruh dunia) dengan menggunakan standart nilai berupa harga emas murni 100% yang berlaku dipasar internasional.

E-banking
Sistem perbankan modern yang ada saat ini dalam melakukan bisnis jasanya sangat mengandalkan teknologi informasi untuk memberikan layanan pada konsumen ataunasabahnya sehingga proses layanan yang terjadi baik dari sisi nasabah maupun pihak bank tersebut menjadi praktis,bermutu, dan flkesibel. Bahkan produk-produk jasa unggulan yang dimiliki perusahaan perbankan sangat mengandalkan komputer sebagai bisnisnya, misalnya adanya ATM, kartu kredit, transfer uang,pencatatan tabungan, dan lain-lain. Produk jasa layanan yang mengandalkan teknologi informasi berbasis jaringan itulah yang disebut sebagai elekotrinic banking (E-banking). prinsip manajemen risiko internet banking dibagi dalam tiga bagian yang tidak terpisahkan dan saling melengkapi yaitu pengawasan aktif komisaris dan direksi Bank, pengendalian pengamanan, serta manajemen risiko hukum dan risiko reputasi.

Tidak ada komentar: